berbagi dalam kebaikan tidaklah mengurangi apa yang kita miliki, tetapi justru akan menambah apa yang sudah kita miliki :D

Master Degree

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Luas Persegi Panjang, Segitiga, dan Trapesium C# Visual Studio Form & Coding

Luas Persegi Panjang, segitiga, dan trapesium
oleh : Nurul Hasanah (T, Elektronika PENS)

Untuk mencari luas dengan pilihan persegi panjang, segitiga, dan trapesium dengan form c# pada tab form bisa disusun sebagai berikut :


RadioButton berfungsi sebagai fungsi if, yang artinya jika salah satu dari ketiga RadioButton tersebut dipilih maka proses di bawahnya akan dikerjakan, sedangkan fungsi yang lain diabaikan atau tidak dilaksanakan. Hal itu dikarenakan salah satu karakteristik dari RadioButton ini yaitu hanya bisa memilih salah satu dari beberapa RadioButton, yang artinya tidak bisa memilih dua RadioButton.
Sebagai contoh jika meng-click RadioButton1 persegi panjang dan menginputkan nilai panjang dan lebar maka ketika menekan Button1 Cek Hasil maka luas yang akan dioutputkan adalah luas persegi panjang, sedangkan nilai luas segitiga dan trapesium tidak akan keluar. Begitu juga ketika awalnya meng-click RadioButton2 segitiga maka nilai luas hanya akan mengoutputkan nilai luas segitiga. Begitu pula ketika awalnya meng-click RadioButton3 trapesium.

Tampilan ketika memilih RadioButton2 segitiga :


Adapun koding untuk meng-outputkan hasil pada button1 ‘Cek Hasil’ sebagai berikut:



            Seperti dijelaskan sebelumnya, penggunaan RadioButton menggunakan fungsi if. Logika ‘if’ yang berarti ‘jika’. Jika RadioButton1 di-click, maka perintah yang akan dikerjakan selanjutnya adalah mencari luas persegi panjang. Begitu pula jika RadioButton2 di-click, maka perintah yang akan dikerjakan selanjutnya adalah mencari luas segitiga. Atau jika RadioButton3 di-click maka perintah yang akan dikerjakan selanjutnya adalah mencari luas trapesium. Namun sekali lagi penggunaan RadioButton hanya bisa digunakan untuk memilih satu dari beberapa pilihan RadioButton.

0 komentar:

Posting Komentar