berbagi dalam kebaikan tidaklah mengurangi apa yang kita miliki, tetapi justru akan menambah apa yang sudah kita miliki :D

Master Degree

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Konversi Suhu C# Visual Studio Form & Coding

Konversi Suhu C#

Untuk mengkonversikan nilai suhu celcius dengan beberapa pilihan satuan reamur, fahrenheit, dan kelvin dengan form C# dapat disusun sebagai berikut :


Pada form kali ini menggunakan toolbox CheckBox. CheckBox ini mempunyai fungsi yang sama dengan RadioButton yaitu ‘jika’ dipilih atau di-checklist ‘maka’ akan mengerjakan fungsi di bawahnya, bedanya dengan RadioButton yaitu dengan menggunakan checkBox bisa memilih beberapa checkBox yang tersedia. Beda halnya dengan radioButton yang hanya bisa memilih satu dari beberapa RadioButton yang tersedia.
            TextBox1 celcius berfungsi untuk menginputkan nilai suhu celcius yang akan dikonversi. Sedangkan textBox2, textBox3, dan textBox4 berfungsi untuk menampilkan hasil konversi suhu dari celcius ke reamur, fahrenheit, atau kelvin.
Algoritmanya yaitu, jika checkBox1 dipilih, maka suhu celcius akan dikonversi ke reamur dan dioutputkan pada textBox2. Terlepas apakah checkBox1 dipilih atau tidak selanjutnya program akan berlanjut ke bawahnya apakah checkBox2 dipilih atau tidak, jika iya maka suhu celcius akan dikonversikan ke satuan fahrenheit dan dioutputkan ke textBox3. Dan terlepas apakah checkBox1 dan checkBox2 dipilih atau tidak, program akan lanjut menanyakan apakah checkBox3 dipilih atau tidak. Begitu seterusnya.

Tampilan ketika mengonversi celcius ke reamur dan kelvin:


Adapun bentuk koding pada Button1 Konversi sebagai berikut:


0 komentar:

Posting Komentar