berbagi dalam kebaikan tidaklah mengurangi apa yang kita miliki, tetapi justru akan menambah apa yang sudah kita miliki :D

Master Degree

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Volume Balok, Tabung, dan Bola C# Visual Studio Form & Coding

Volume Balok, Tabung, dan Bola dengan Form C#
oleh : Nurul Hasanah (T. Elektronika PENS)

Untuk mencari volume dengan pilihan balok, tabung, dan bola dengan form c# maka pada tab Form dapat dibuat atau disusun seperti berikut :


RadioButton berfungsi sebagai fungsi if, yang artinya jika salah satu dari ketiga RadioButton tersebut dipilih maka proses di bawahnya akan dikerjakan, sedangkan fungsi yang lain diabaikan atau tidak dilaksanakan. Hal itu dikarenakan salah satu karakteristik dari RadioButton ini yaitu hanya bisa memilih salah satu dari beberapa RadioButton, yang artinya tidak bisa memilih dua RadioButton.

Sebagai contoh jika meng-click RadioButton1 balok dan menginputkan nilai panjang, lebar, dan tinggi maka ketika menekan Button1 Cek Hasil maka volume yang akan dioutputkan adalah volume balok, sedangkan nilai volume tabung dan bola tidak akan keluar. Begitu juga ketika awalnya meng-click RadioButton2 tabung maka nilai volume hanya akan mengoutputkan nilai volume tabung. Begitu pula ketika awalnya meng-click RadioButton3 bola.
Adapun tampilan ketika debugging :

Tampilan ketika memilih RadioButton3 bola

Adapun koding untuk mengoutputkan hasil pada button ‘Cek Hasil’ sebagai berikut:


0 komentar:

Posting Komentar